Kotak Pencarian

Silahkan masukkan kata kunci pencarian anda pada kotak di bawah ini.
Contoh: pembahasan soal UN Matematika 2017


Sunday, January 6, 2013

Smart Solution UN Fisika SMA 2013 (SKL 2.6 Hukum Kekekalan Energi Mekanik)

SKL 2 - Indikator 2.6 Hukum Kekekalan Energi Mekanik

Akhirnya punya waktu lagi untuk mengupdate SMART SOLUTION Ujian Nasional Fisika SMA 2013 untuk SKL selanjutnya setelah beberapa waktu yang lalu di blog berbagi dan belajar Pak Anang ini telah ditampilkan 6 file SMART SOLUTION mulai SKL 1 hingga SKL 2.5 untuk UN Fisika SMA 2013 dan full version untuk Smart Solution UN Fisika 2013 untuk tahun kemarin masih juga bisa diunduh.

Nah, kali ini giliran SKL 2 Indikator 2.6 tentang hukum kekekalan energi mekanik yang akan kita bahas bagaimana cara dan resep praktis mengerjakan soal tersebut melalui penelusuran konsep dasar terlebih dahulu. Bedanya dengan rumus praktis di luar sana dengan rumus praktis yang ada di blog berbagi dan belajar ini adalah seluruh rumus cepat dan trik superkilat disusun secara runut melalui pemahaman konsep dasarnya terlebih dahulu. Tidak ujug-ujug langsung menjadi rumus cepat.

Beruntungnya, soal-soal ujian nasional nanti hanya menguji kemampuan konsep dasar adik-adik saja. Nah, harapannya nanti setelah mempelajari materi SMART SOLUTION dan trik dalam mengerjakan soal, nanti adik-adik bisa mengerjakan soal UNAS dengan nyaman dan tanpa beban. Amin....

Oke langsung saja, pada pembahasan kali ini akan membahas HUKUM KEKEKALAN ENERGI MEKANIK. Konsep dasarnya adalah ENERGI MEKANIK itu jumlah dari ENERGI KINETIK dan ENERGI POTENSIAL. Kapan ada energi kinetik, kapan ada energi potensial?

Energi kinetik terjadi bila benda memiliki kecepatan. Energi potensial terjadi bila benda memiliki beda kedudukan dengan permukaan. Nah, bila digabungkan artinya dalam satu benda memiliki kecepatan dan juga memiliki perbedaan kedudukan dengan permukaan maka artinya pada benda tersebut ada variabel yang disebut ENERGI MEKANIK.

Lantas, bila benda bergerak sehingga memiliki perubahan kecepatan dan perubahan kedudukan, maka ENERGI MEKANIK pada benda tersebut tetap, TIDAK BERUBAH. Artinya ENERGI itu KEKAL.

Pada file berikut ini berisi materi tentang:
- Energi Kinetik
- Energi Potensial
- Energi Mekanik
- Hukum Kekekalan Energi Mekanik

File smart solution ini mencakup soal-soal Ujian Nasional pada tahun-tahun terdahulu disertai dengan pembahasan cara cepat trik superkilat dan smart solution.

Bagi adik-adik dan para pengajar yang membutuhkan file Smart Solution sebagai bahan pendamping untuk menghadapi Soal Ujian Nasional Fisika SMA 2013 bisa didownload pada link di bawah ini:

Smart Solution UN Fisika SMA 2013 (SKL 2 - Indikator 2.6 Hukum Kekekalan Energi Mekanik)

Bila adik-adik ingin melihatnya langsung di blog ini, berikut ini adalah tampilan file Smart Solution UN Fisika SMA 2013 (SKL 2 - Indikator 2.6 Hukum Kekekalan Energi Mekanik) yang bisa adik-adik nikmati....



Untuk SKL SKL berikutnya menyusul untuk segera diupload.

Untuk trik dan cara cepat pelajaran lain silahkan dicari pada kolom pencarian di atas atau pada arsip blog di bagian kanan blog berbagi dan belajar ini.


Tulis Komentar Anda:


No comments:

Post a Comment

Stop spamming here... Links are not allowed in the comment. Thanks!
Komentar berbau spam, promosi dan sejenisnya akan segera dihapus.