Sehingga kita bisa merumuskan soal prediksi yang sesuai dengan kisi-kisi UN 2013 khususnya untuk Matematika SMP.
Nah, berikut ini adalah kisi-kisi UN Matematika SMP 2013 plus dengan prediksi butir soal maupun indikator soal yang akan keluar dan muncul dalam UN 2013 pada bulan April - Mei nanti...
No
|
KOMPETENSI
UN
2013
|
INDIKATOR
UN 2013
|
PREDIKSI INDIKATOR SOAL
ALTERNATIF
|
1.
|
Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan,
perbandingan, bilangan berpangkat, bilangan akar, aritmetika sosial, barisan
bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah..
|
1.1.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
|
1.
Konsep
operasi bilangan campuran,
2.
Aplikasi
operasi bilangan pada kehidupan sehari-hari
|
1.2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan.
|
1.
Perbandingan
senilai
2.
Perbandingan
berbalik nilai
3.
Aplikasi
perbandingan dalam kehidupan sehari-hari
|
||
1.3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan berpangkat atau
bentuk akar
|
1.
Mengubah bentuk akar ke pangkat pecahan
2.
Mengubah bentuk pangkat peahan ke bentuk akar
3.
Menentukan hasil operasi penjumlahan bilangan
beentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
4.
Menentukan hasil operasi pengurangan bilangan
bentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
5.
Menentukan hasil operasi perkalian bilangan
bentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
6.
Menentukan hasil operasi pembagian bilangan
bentuk akar atau bilangan pangkat pecahan
|
||
1.4.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana
|
1.
Menentukan besarnya angsuran peer bulan
2.
Meneentukan waktu/lama tabungan
3.
Mentukan besarnya bunga per tahun
4.
Menentukan besarnya tabungan awal
|
||
1.5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
barisan bilangan dan deret.
|
1.
Menentukan suku ke-n (Un), jika unsur-unsur
yang diperlukan dari barisan aritmatika diketahui
2.
Menentukan suku ke-n (Un), jika unsur-unsur
yang diperlukan dari barisan geometri
diketahui
3.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan baisan aritmatika
4.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan baisan geometri
5.
Menentukan jumlah n suku pertama deret
aritmatika, jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui
6.
Menentukan jumlah n suku pertama deret geometri,
jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui
7.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan deret aritmatika
|
||
2.
|
Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan
linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier,
serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
2.1.
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
|
1.
Menentukan faktor persekutuan
2.
Menentukan faktor selisih dua kuadat beentuk ax2
+ by2
3.
Menentukan faktor dari ax2 + bx + c
|
2.2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
|
1.
Menentukan penyelesaian dari persamaan satu variabel
2.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan persamaan satu variabel
3.
Menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan
satu variabel
4.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel
|
||
2.3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
himpunan
|
1.
Operasi himpunan : irisan, gabungan, komplemen
atau pengurangan dua himpunan
2.
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan operasi dua himpunan
|
||
2.4.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
fungsi.
|
1.
Menentukan domain, kodomain dan range
2.
Menunjukan konsep fungsi
3.
Mentukan grafik fungsi
|
||
2.5.
Menentukan gradien, persamaan garis, atau
grafiknya.
|
1.
Mentukan gradien garis, jika persamaan
garisnya diketahui
2.
Menentukan gradien garis, jika gafiknya
diketahui
3.
Menentukan persamaan garis yang berpotongan
tegak lurus dengan garis lain yang persamaannya diketahui
4.
Menentukan persamaan garis yang sejajar dengan garis lain yang persamaannya
diketahui
|
||
2.6.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linier dua variabel.
|
1.
Menentukan himpunan penyelesaian dari sistem
persamaan linier dua variabel
2.
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel
|
||
3.
|
Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun datar, serta
konsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
3.1.
Menyelesaikan masalah menggunakan teorema
Pythagoras.
|
1.
Menghitung panjang salah satu sisi segitiga
siku-siku
2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
teorema pythagoras
|
3.2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas bangun datar.
|
1.
Menentukan luas dari gambar gabungan dua
bangun datar
2.
Menentukan luas daerah dari dua bangun datar
yang menumpuk
|
||
3.3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
keliling bangun datar.
|
1.
Menghitung keliling dari gambar gabungan dua
bangun datar
2.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan keliling bangun datar
|
||
3.4.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan
atau kongruensi
|
1.
Menentukan sisi atau sudut yang bersesuaian
dari dua bangun yang sebangun
2.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan kesebangunan
3.
Menentukan syarat-syarat dari dua bangun yang
kongruen
4.
Menentukan panjang salah satu sisi dari dua
bangun yang kongruen
|
||
3.5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau pelurus).
|
1.
Menentukan besar salah satu sudut dari dua
sudut yang saling berpenyiku jika salah satu sudutnya diketahui
2.
Menentukan besar sudut-sudut dari dua sudut
yang saling berpenyiku jika perbandingan besar sudutnya diketahui
3.
Menentukan besar salah satu sudut dari dua
sudut yang saling berpelurus jika salah satu sudutnya diketahui
4.
Menentukan besar sudut-sudut dari dua sudut
yang saling berpelurus jika perbandingan besar sudutnya diketahui
|
||
3.6.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
garis-garis istimewa pada segitiga.
|
1.
Menunjukkan garis berat, garis tinggi, garis
bagi atau garis sumbu
2.
Menghitung panjang garis tinggi dari segitiga
jika diketahui sisi alas dan luasnya diketahui
3.
Menghitung panjang garis berat dari segitiga
jika panjang ketiga sisinya diketahui
|
||
3.7.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
|
1.
Menghitung panjang busur jika diketahui besar
sudut pusat dan jari-jari / diameternya
2.
Menghitung luas juring jika diketahui sudut
pusat dan jari-jari/diameternya
3.
Menghitung panjang busur jika diketahui besar
dua sudut pusatnya dan panjang salah satu busurnya
4.
Menghitung luas juring jika diketahui besar
dua sudut pusatnya dan salah satu luas juringnya
5.
Menghitung panjang garis singgung persekutuan
dalam
6.
Menghitung panjang garis singgung persekutuan
luas
|
||
Memahami sifat dan unsur bangun ruang, dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
|
3.8.
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang. .
|
1.
Menentukan unsur-unsur dari bangun ruang sisi
datar
2.
Menentukan unsur-unsur dari bangun ruang sisi
lengkung
|
|
3.9.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
|
1.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kerangka bangun ruang sisi datar
2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
jaring-jaring bangun ruang sisi datar
3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kerangka bangun ruang sisi lengkung
4.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
jaring-jaring bangun ruang sisi lngkung
|
||
3.10. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang
|
1.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan volume bangun ruang sisi datar
2.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan volume bangun ruang sisi lengkung
|
||
3.11. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
|
1.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan
dengan luas permukaan bangun ruang sisi datar
2.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan
dengan luas permukaan bangun ruang sisi lengkung
|
||
4.
|
Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah.
|
5.1.
Menentukan ukuran pemusatan atau
menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
|
1.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
mean, modus atau median dari sebuah data
2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
mean, modus atau median dari sebuah data pada tabel frekuensi
3.
Menafsirkan data pada tabel frekuensi
4.
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan mean, modus atau median dari sebuah data
|
5.2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penyajian atau penafsiran data.
|
1.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pembacaan diagram batang
2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pembacaan diagram garis
3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pembacaan diagram lingkaran
|
||
5.
|
Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
|
5.1.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang suatu kejadian.
|
1.
Menentukan peluang dari suatu kejadian
2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang dari suatu kejadian
|
Untuk rangkuman materi, prediksi soal, pembahasan UN tahun-tahun sebelumnya dan berbagai mata pelajaran lainnya serta rumus cepat SMART SOLUTION silahkan download pada bagian kanan blog ini.....
Semoga bermanfaat!
This comment has been removed by the author.
ReplyDeletematur suwun sanget from : JHS 1 NGADILUWIH ,kdr,jtm
ReplyDelete