Kotak Pencarian

Silahkan masukkan kata kunci pencarian anda pada kotak di bawah ini.
Contoh: pembahasan soal UN Matematika 2017


Thursday, March 8, 2012

Smart Solution UN Fisika SMA 2012 (8)

SKL 2 - Indikator 2.7 Tumbukan, Impuls dan Hukum Kekekalan Momentum

Kecelakaan, suatu hal yang menakutkan pastinya. Hm... Pada bab ini kita membahas tentang tumbukan yang dalam kata lain artinya tabrakan. Secara fisika peristiwa tumbukan yang bisa diamati adalah perubahan kecepatan sesaat dan setelah tumbukan berkaitan dengan beberapa jenis tumbukan.

Oke, langsung saja deh. Pada pembahasan kali ini blog berbagi dan belajar akan mengangkat topik SKL UN Fisika 2012 pada indikator 2.7 tentang tumbukan, impuls dan hukum kekekalan momentum.

Pertanyaan yang muncul adalah apa itu impuls? Apa itu momentum?

Impuls adalah gaya yang bekerja pada benda dalam waktu relatif singkat. Adanya impuls ini menyebabkan benda mengalami perubahan kecepatan.

Lalu momentum adalah perkalian massa dengan kecepatan. Jadi momentum disini adalah tingkat kesukaran benda yang sedang bergerak untuk dihentikan atau tingkat kerusakan yang disebabkan oleh benda bermassa yang bergerak dengan kecepatan tertentu.

Poin penting yang menjadi kompetensi dasar di SKL ini adalah kemampuan kita menelaah dan menggunakan konsep hukum kekekalan momentum dan impuls dalam peristiwa tumbukan.

Nah, di modul smart solution Fisika kali ini kita akan membahas soal-soal terkait dengan beberapa cara cepat yang berlandaskan konsep dasar Fisika.

Modul rangkuman dan pembahasan materi smart solution kali ini berisi materi SKL 2 indikator 2.7 antara lain berisi materi tentang:
- Momentum
- Impuls
- Hubungan Impuls dan perubahan Momentum
- Hukum Kekekalan Momentum
- Koefisien Restitusi
- Tumbukan tidak lenting
- Tumbukan lenting sebagian
- Tumbukan lenting sempurna

File smart solution ini mencakup soal-soal Ujian Nasional pada tahun-tahun terdahulu disertai dengan pembahasan cara cepat trik superkilat dan smart solution.

Bagi adik-adik dan para pengajar yang membutuhkan file Smart Solution sebagai bahan pendamping untuk menghadapi Soal Ujian Nasional Fisika SMA 2012 bisa didownload pada link di bawah ini:

Smart Solution UN Fisika SMA 2012 (SKL 2 - Indikator 2.7 Tumbukan, Impuls dan Hukum Kekekalan Momentum)

Bila adik-adik ingin melihatnya langsung di blog ini, berikut ini adalah tampilan file Smart Solution UN Fisika SMA 2012 (SKL 2 - Indikator 2.7 Tumbukan, Impuls dan Hukum Kekekalan Momentum) yang bisa adik-adik nikmati....



Untuk SKL SKL berikutnya menyusul untuk segera diupload.

Untuk trik dan cara cepat pelajaran lain silahkan dicari pada kolom pencarian di atas atau pada arsip blog di bagian kanan blog berbagi dan belajar ini.


Tulis Komentar Anda:


1 comment:

Stop spamming here... Links are not allowed in the comment. Thanks!
Komentar berbau spam, promosi dan sejenisnya akan segera dihapus.