Kotak Pencarian

Silahkan masukkan kata kunci pencarian anda pada kotak di bawah ini.
Contoh: pembahasan soal UN Matematika 2017


Sunday, March 18, 2012

Smart Solution UN Fisika SMA 2012 (13)

SKL 4 - Indikator 4.1 Ciri-Ciri dan Besaran Gelombang

Alhamdulillah, akhirnya sampai juga pada paruh kedua SMART SOLUTION FISIKA. Kali ini kita mulai masuk ke SKL 4 yang berisi materi tentang Gelombang. SKL 4 ini menurut blog berbagi dan belajar bisa dibilang cukup mudah bila dibandingkan dengan SKL lain, karena konsepnya tidak begitu luas. Rumusnya ya itu-itu aja kok! Beda dengan saat kita membahas SKL 2 yang cakupannya begitu luas.

Oke, langsung saja. Pada SKL 4 ini kita mulai dari indikator 4.1 yakni tentang ciri gelombang dan besaran yang ada pada gelombang. Biasanya soal Ujian Nasional menanyakan soal tentang berapakah cepat rambat gelombang, bila diberikan grafik gelombang atau persamaan gelombang. Nah, inilah soal favorit kita!!

Kalau pertanyaannya adalah berapa cepat rambat gelombang, maka jawabnya sangat simpel. Rumus cepatnya yaitu lihat koefisien variabel t dan variabel x pada persamaan gelombang. Lalu besarnya kecepatan gelombang bisa kita dapatkan dari hasil pembagian antara koefisien variabel t dengan koefisien variabel x.

Saya ulangi, cepat rambat gelombang adalah koefisien t dibagi koefisien x

Semoga saja tahun ini soal semacam itu keluar lagi.... Amin!

Nah, satu hal yang baru di SKL ini adalah munculnya materi gelombang diam yang di tahun-tahun sebelumnya tidak pernah ada, karena biasanya yang dikeluarkan adalah soal tentang gelombang berjalan. Konsep dari gelombang berjalan dan gelombang stasioner tersebut bisa adik-adik pelajari pada file yang akan disertakan juga di posting blog berbagi dan belajar Pak Anang kali ini.....

Nah, di modul smart solution Fisika kali ini kita akan membahas soal-soal terkait dengan beberapa cara cepat yang berlandaskan konsep dasar Fisika.

Modul rangkuman dan pembahasan materi smart solution kali ini berisi materi SKL 4 indikator 4.1 antara lain berisi materi tentang:
- Ciri-Ciri Gelombang
- Gelombang Berjalan
- Gelombang Stasioner (Gelombang Diam)
- Gelombang Stasioner Ujung Bebas
- Gelombang Stasioner Ujung Terikat
- Besaran Gelombang
- Grafik Gelombang

File smart solution ini mencakup soal-soal Ujian Nasional pada tahun-tahun terdahulu disertai dengan pembahasan cara cepat trik superkilat dan smart solution.

Bagi adik-adik dan para pengajar yang membutuhkan file Smart Solution sebagai bahan pendamping untuk menghadapi Soal Ujian Nasional Fisika SMA 2012 bisa didownload pada link di bawah ini:

Smart Solution UN Fisika SMA 2012 (SKL 4 - Indikator 4.1 Ciri-Ciri dan Besaran Gelombang)

Bila adik-adik ingin melihatnya langsung di blog ini, berikut ini adalah tampilan file Smart Solution UN Fisika SMA 2012 (SKL 4 - Indikator 4.1 Ciri-Ciri dan Besaran Gelombang) yang bisa adik-adik nikmati....



Untuk SKL SKL berikutnya menyusul untuk segera diupload.

Untuk trik dan cara cepat pelajaran lain silahkan dicari pada kolom pencarian di atas atau pada arsip blog di bagian kanan blog berbagi dan belajar ini.


Tulis Komentar Anda:


No comments:

Post a Comment

Stop spamming here... Links are not allowed in the comment. Thanks!
Komentar berbau spam, promosi dan sejenisnya akan segera dihapus.