Kotak Pencarian

Silahkan masukkan kata kunci pencarian anda pada kotak di bawah ini.
Contoh: pembahasan soal UN Matematika 2017


Friday, March 30, 2012

Tips dan Trik Listening UN Bahasa Inggris SMA 2012 (1)

Strategi Mengerjakan Soal Listening UN Bahasa Inggris

SHORT DIALOGUE

Yang pertama adalah bagian yang berisi dialog dan pertanyaan. Dialog dan pertanyaan tidak akan tertulis pada soal, jadi adik-adik harus mendengarkan dengan baik-baik isi percakapan dan melihat 5 jawaban a, b, c, d, atau e yang ada di soal. Pilih jawaban mana yang paling tepat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh narator.

Dalam test bagian ini, adik-adik diuji kemampuan pamahaman dialog singkat dalam Bahasa Inggris antara dua orang. Format dialog bisa digambarkan seperti berikut:

Man : " Kalimat... "
Woman : " Kalimat... "
Man : " Kalimat... "

atau

Woman : " Kalimat... "
Man : " Kalimat... "
Woman : " Kalimat... "

Tips dan trik untuk mengerjakan soal pada bagian dialog adalah:

  1. Saat narator membacakan "Direction", maka adik-adik harus segera membaca pertanyaan berserta pilihan jawaban yang ada pada soal. Sehingga adik-adik sudah memiliki modal pemahaman terhadap soal apa saja yang diperkirakan nanti akan ditanyakan pada soal.

  2. Dialog selalu dibacakan dua kali. Nah, setidaknya adik-adik sudah bisa yakin menemukan jawaban saat dialog dibacakan untuk yang pertama kali. Jadi, ketika dialog dibacakan ulang, adik-adik bisa membaca pertanyaan atau jawaban pada soal selanjutnya... Jika belum yakin terhadap jawaban, maka adik-adik bisa memanfaatkan kesempatan untuk mengoreksi jawaban ketika dibacakan ulang dialog tersebut.

  3. Saat membaca pilihan jawaban, adik-adik harus bisa menentukan kira-kira kata tanya apa yang akan digunakan narator? Apakah what, who, when, where, why, atau how, how long, how much, how many, dll... Dengan mengetahui kata tanya tersebut adik-adik bisa fokus dalam mendengarkan kalimat yang dibacakan pada dialog yang mengandung unsur kata tanya tersebut dalam menentukan jawabannya nanti

  4. Adik-adik harus mencoba mengetahui dimana pembicaraan tersebut dilakukan, siapa mereka, apa hubungan mereka, atau apa yang mereka kerjakan. Ini supaya mempermudah dalam membuat analisa jawaban yang tepat.

  5. Terakhir. Jangan membiarkan jawaban kosong, isi saja sebisanya siapa tahu jawaban adik-adik benar, hehe...


TIPS: Dalam mengisi LJK pada soal listening ini, adik-adik jangan mengisikan langsung di LJK. Cukup tandai saja pada pilihan jawaban A, B, C, D, atau E pada lembar soal saja. Sehingga adik-adik punya cukup waktu untuk membaca perintah atau pilihan jawaban pada soal selanjutnya.


Tulis Komentar Anda:


No comments:

Post a Comment

Stop spamming here... Links are not allowed in the comment. Thanks!
Komentar berbau spam, promosi dan sejenisnya akan segera dihapus.