Kotak Pencarian

Silahkan masukkan kata kunci pencarian anda pada kotak di bawah ini.
Contoh: pembahasan soal UN Matematika 2017


Saturday, December 24, 2011

Tips Matematika

CARA BELAJAR MATEMATIKA

Matematika adalah salah satu pelajaran yang paling ditakuti siswa. Ya! Ini ada benarnya. Matematika dengan segudang rumusnya telah menjelma menjadi sesosok horor di otak para murid. Hm, kira-kira ada apa enggak ya cara ampuh untuk mengusir hantu yang bernama Matematika itu?


Jangan khawatir.... Semua itu bisa sirna dengan cara berikut ini:

Ada satu anggapan lain bahwa jika pintar Matematika maka pelajaran yang lain dianggap pintar. Hehehe... Ini pandangan yang terlanjur mendarah daging dimana-mana. Padahal kesimpulan tersebut tidak selalu linear dengan apa yang terjadi di lapangan... Okelah, kita batasi topik kali ini pada bagaimana cara menjadi pintar dalam hal Matematika.

Pertama, jangan pernah berfikiran bahwa kalian tidak bisa mengerjakan soal matematika. Karena begitu kita berfikir semacam itu, maka otak akan menutup dan menolak untuk diajak menggunakan kemampuan nalar serta logika kita untuk mencari penyelesaian jawaban yang akan kita cari. Percayalah dengan prinsip bahwa jika kita mau kita pasti bisa, atau dalam bahasa Inggris-nya berbunyi seperti ini, "You can if you want" :)

Kedua, mulai berlatihlah dari hal yang kamu anggap paling sederhana. Misalnya kuatkan kemampuan kalian menghitung aritmatika, 3+5=?, 5-7=?, 5-(-4)=?, 4x5=?, 56:7=?. Artinya apa? Kemampuan dasar yang wajib dipahami dalam matematika adalah operasi hitung penjumlahan pengurangan perkalian pembagian. Saya yakin seribu persen kalian mampu melewati tantangan tahap ini dengan senyuman. Lalu kembangkan kemampuan kalian pada operasi aljabar. Hitungan pada aljabar sama seperti pada aritmatika, hanya saja satu hal yang berbeda dengan aritmatika hanyalah penambahan variabel yang dilambangkan dengan simbol, huruf (x, y, z, dll), sehingga hitungannya menjadi 5x+6x=? dst dst.

Ketiga, jika langkah pertama kedua dan ketiga berhasil dilalui. Terus kembangkan sehingga terbentuk kemampuan logika dan penalaran. Contohnya seperti ini, 12:x=6 artinya 12 dibagi berapa ya yang hasilnya 6. Jadi x=2.

Keempat, lanjutkan dengan konsep-konsep yang mulai sulit. Ingat mulai sulit. Kalau bisa pilih soal yang berbentuk Pilihan Ganda, atau Multiple Choice. Kenapa? Karena bentuk soal seperti ini memiliki 20% kecenderungan anda benar jika jawaban anda cocok dengan yang ada di jawaban. Dan jika jawaban anda tidak ada di soal, maka artinya kalian salah menghitung atau menggunakan rumus yang salah.

Kelima, jangan malu-malu untuk membaca. Artinya rajinlah membaca. Sekarang ini jaman internet. Semua informasi tersebar begitu bebasnya dan kita bisa memperkaya wawasan kita.

Hm.... Silahkan dicoba lima langkah yang saya berikan... Semoga tips yang saya berikan bisa berguna.... Amin....


Tulis Komentar Anda:


1 comment:

Stop spamming here... Links are not allowed in the comment. Thanks!
Komentar berbau spam, promosi dan sejenisnya akan segera dihapus.