Kotak Pencarian

Silahkan masukkan kata kunci pencarian anda pada kotak di bawah ini.
Contoh: pembahasan soal UN Matematika 2017


Sunday, April 1, 2012

Tips dan Trik Listening UN Bahasa Inggris SMA 2012 (2)

Strategi Mengerjakan Soal Listening UN Bahasa Inggris

SHORT QUESTION AND RESPONSES

Ini adalah bagian kedua dari soal listening Ujian Nasional Bahasa Inggris SMA. Di bagian ini adik-adik dihadapkan pada soal pertanyaan atau pernyataan pendek yang diikuti dengan empat pilihan jawaban. Baik pertanyaan maupun pilihan jawaban tidak akan tertulis pada soal yang adik-adik terima nanti, jadi adik-adik harus memperhatikan dan mendengarkan baik-baik apa yang diucapkan oleh narator untuk mengetahui jawaban mana yang benar.

Dalam test bagian ini, adik-adik diuji kemampuan pamahaman respon jawaban dari pertanyaan atau penyataan singkat dalam Bahasa Inggris yang diucapkan oleh seseorang. Format dialog bisa digambarkan seperti berikut:

Man : " Kalimat... "
Narrator: " What is the woman most likely to answer ? "

atau

Woman : " Kalimat... "
Narrator : " What will the man probably reply ? "

Tips dan trik untuk mengerjakan soal pada bagian dialog adalah:

  1. Bagian ini adalah the real listening. Kenapa? Pada soal tidak akan ditemukan baik pertanyaan maupun pilihan jawaban, karena hanya tercantum "Mark your answer in your answer sheet. Oleh karena itu, adik-adik tidak perlu melihat soal, kesampingkan dulu lembar soal. Fokuslah mendengarkan pada apa yang diucapkan oleh seseorang serta pertanyaan yang diberikan oleh narator.

  2. Dialog selalu dibacakan dua kali. Nah, setidaknya adik-adik sudah bisa yakin menemukan jawaban saat dialog dibacakan untuk yang pertama kali. Jadi, ketika dialog dibacakan ulang, jika belum yakin terhadap jawaban, maka adik-adik bisa memanfaatkan kesempatan untuk mengoreksi jawaban ketika dibacakan ulang dialog tersebut.

  3. Pertanyaan yang digunakan selalu, apa yang akan diucapkan oleh lawan bicara seseorang tersebut. Pertanyaannya berupa, "What will the man reply?", "What is the woman most likely to answer?", "What is the woman most likely to reply?", dll.

  4. Adik-adik harus mencoba mengetahui bagaimana ekspresi ataupun emosi dari seseorang tersebut. Cermati apakah seseorang tersebut sedang menawarkan sesuatu, meminta sesuatu, tidak suka pada sesuatu, dll. Ini supaya mempermudah dalam membuat analisa jawaban yang tepat yang mungkin diucapkan oleh lawan bicara orang tersebut atau orang kedua.

  5. Terakhir. Jangan membiarkan jawaban kosong, isi saja sebisanya siapa tahu jawaban adik-adik benar, hehe...


TIPS: Dalam mengisi LJK pada soal listening ini, adik-adik jangan mengisikan langsung di LJK. Cukup tandai saja pada pilihan jawaban A, B, C, D, atau E pada lembar soal saja. Sehingga adik-adik punya cukup waktu untuk membaca perintah atau pilihan jawaban pada soal selanjutnya.


Tulis Komentar Anda:


No comments:

Post a Comment

Stop spamming here... Links are not allowed in the comment. Thanks!
Komentar berbau spam, promosi dan sejenisnya akan segera dihapus.